Friday 21 September 2012

Cara Membuat dan Meracik Teh Jepang - Ocha

Cara Membuat dan Meracik Teh Jepang - JEPANG mempunyai tradisi minum teh hijau yang disebut ocha yang sudah ada sejak berabad-abad lalu. Tradisi tersebut membuat warga Jepang lebih kecil terkena risiko serangan jantung dibanding warga negara lain. Karena itulah, minum teh tidak hanya berkaitan dengan tradisi, tapi juga bertalian dengan hidup sehat.

Namun, tahukah Anda bagaimana ocha diracik? Berikut panduan bagaimana meracik ocha:

1. Air yang Anda gunakan untuk menyeduh teh pada poci harus pas. Hal tersebut penting, karena akan menentukan rasio antara banyak daun teh terhadap volume air.

2. Panaskan air sampai 70 hingga 80 derajat Celcius. Suhu tersebut meruapakan suhu ideal untuk mendapatkan ocha terbaik.

3. Tuangkan air panas yang telah mendidih ke dalam cangkir atau gelas. Biarkan sampai agak dingin.

4. Selagi air akan dingin, takar daun teh yang akan diracik. Takaran yang pas adalah 0,6 gram sencha kering untuk setiap 30 ml air panas.

5. Tuangkan air panas dari dua cangkir kecil langsung ke dalam poci, lalu seduh. Waktu seduh akan tergantung pada banyaknya teh dan suhu air. Untuk teh yang agak kental waktunya antarasatu hingga 1,5 menit. Sedangkan untuk teh yang tidak kental biasanya 30 hingga 45 detik.

6. Tuangkan teh dari poci ke dalam cangkir, sedikit demi sedikit, dari satu cangkir ke cangkir lainnya. Begitu seterusnya. (Ant/Wtr4)
Older Post ►
 

Copyright 2012 Detik Travel and Tour Seo Elite by Tiket Promo | Tiket Pesawat